Leonardo Da Vinci dan misteri pada lukisan Monalisa

Leonardo da vinci (1452-1519) adalah seorang pelukis yang terkenal dari jaman Renaissance. Karyanya yang terkenal adalah “Perjamuan terakhir” (1495) dan “Monalisa” (1503). Lukisan “Monalisa” dengan senyum misteriusnya sampai sekarang masih menjadi tanda tanya besar mengenai model yang menjadi obyek lukisan Da Vinci. Ada yang berpendapat bahwa wajah wanita tersebut merupakan metamorfosa wajah Da Vinci sendiri.Monalisa

Sebagaimana dikutip dari Vivanews 11 agustus 2013, usaha dari para peneliti masih dilakukan untuk membongkar misteri tersebut

Peneliti yang terdiri dari geologis, Antonio Moretti dan ahli sejarah, Silvano Vinceti, pada Jumat 9 Agustus 2013 kemarin menggali satu makam yang dipercaya merupakan keluarga dari wanita yang ada di lukisan karya Leonardo da Vinci. 217546_tim-peneliti-membongkar-makam-keluarga-mona-lisa-_663_382

Tulang belulang yang ditemukan di dalamnya diyakini merupakan milik dua anak dan suami wanita yang tergambar dalam lukisan Mona Lisa tersebut.

Dikutip dari Laman Dailymail, Minggu 11 Agustus 2013, para peneliti menggali makam keluarga wanita yang diyakini bernama Lisa Gherardini Del Giocondo di sebuah komplek pemakaman di Basilika Santissima Annunziata. Nantinya ketiga jenis tengkorak yang ditemukan para peneliti itu, akan diambil DNA nya kemudian dicocokan dengan DNA tengkorak lain yang digali tahun lalu di sebuah biara di Florence.

Tengkorak yang digali di Florence diyakini milik Lisa Gherardini, perempuan yang diduga sebagai model lukisan Mona Lisa karya maestro Leonardo da Vinci. Para peneliti itu terlihat melubangi lantai batu untuk dapat masuk ke dalam makam yang berada di Basilika Santissima Annunziata.

Menurut Vinceti, tim menggali makam tersebut karena tertulis di batu nisannya, kuburan tersebut masih berasal dari keluarga Lisa. Tim peneliti, dikatakan Vinceti, akan melakukan 14 tes karbon demi mengetahui fakta apakah beragam kumpulan tengkorak di Basilika Santissima Annunziata berhubungan dengan tengkorak Lisa.

“14 tes karbon akan membantu kami menentukan mana dari tiga tengkorak itu yang berasal dari tahun 1500an. Setelah mengetahui usia tengkorak, baru kami dapat melakukan tes DNA akhir,” ungkap Vinceti.

Apabila tim peneliti mendapat hasil yang positif, maka Vinceti berniat untuk melakukan rekonstruksi terhadap wajah Lisa Gherardini berdasarkan struktur tulang yang ditemukan. Lalu dia akan membandingkan dengan model yang terdapat di lukisan Leonardo.

“Apabila kami sukses, maka kami dapat memecahkan tiga pertanyaan obsesi milik para sejarahwan dan pecinta seni di seluruh dunia,” kata  Vinceti.

Pertanyaan pertama, apakah Lisa benar merupakan model dalam lukisan yang diberi nama Mona Lisa. Pertanyaan kedua, apakah wanita di dalam lukisan Leondardo tersebut merupakan wanita lain seperti yang dikatakan kebanyakan orang. Sedangkan pertanyaan ketiga, apakah wanita di lukisan itu hanya imajinasi Leonardo saja.

Lisa Gherardini diketahui merupakan istri seorang pedagang sutera yang tinggal di seberang jalan dekat kediaman Leonardo. Usai suaminya meninggal, Lisa kemudian memutuskan menjadi seorang suster. Dia wafat di tahun 1542 di usia 63 tahun dan dikuburkan di dekat altar biara.

Leonardo Da Vinci juga disebut banyak memikirkan beberapa peralatan modern seperti helikopter dan tank, ratusan abad sebelum benda itu akhirnya diproduksi.

About these ads
By farhanta Posted in budaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s